The New Normal Working Life, Cara Kerja Baru Berbasis Online!
The New Normal Working Life, Cara Kerja Baru Berbasis Online!
Covid-19 saat ini telah menjadi
pandemi global, ketentuan jaga jarak social, pembatasan perjalanan, dan menjaga
kebersihan di masa pandemi corona akan membentuk kebiasaan-kebiasaan baru di
masyarakat. Perubahan pun terjadi hampir disegala aspek kehidupan manusia,
salah satunya adalah cara kerja. Bagi para pegawai kantoran “dipaksa” untuk
mengadopsi pola kerja baru secra remote dari rumah masing-masing. Sedangkan beberapa
regulasi baru untu mencegah penyebaran virus di masyarakat berpotensi
mencitakan era baru bagi perekonomian.
Sejak 16 maret 2020 Sudah hampir
dua bulan pemerintah memberlakukan kepada perusahaan-perusahaan kebijakan
bekerja dari rumah (Work From home), hal yang sama dilakukan pula oleh PT
Adhimix RMC Indonesia. Work From Home (WFH) identik dengan melakukan pekerjaan
kantor, rapat diskusi dan kordinasi dengan rekan atau mitra kerja dari rumah
masing-masing secara online. Beberapa pilihan media yang digunakan bisa berupa
chat/text messenger, voice call dan conference call audio/video. Beberapa
pilhan media aplikasi conference pun saat ini beragan seperti, zoom, skype,
google meet dan lain sebagainya.
Perkembangan teknologi yang
semakin meluas menuntut kita untuk beralih ke internet dan menjadikannya
sebagai platform utama untuk berkerja saat ini, ini seirama dengan pemberlakuan
WFH atau bekerja secara online. Pada dasarnya, bekerja secara online tidak jauh
dengan bekerja seperti biasa. Yang membedakan hanyalah waktu serta lokasi
kerjanya saja yang lebih flexible. bekerja secara online bisa dilakukan dimana
saja entah dari rumah, dari café atau restoran sesuai dengan keinginan
karyawan, waktu kerjanya pun cukup flexible tergantung jenis pekerjaan dan kebijakan
dari masing-masing perusahaan.
Skema WFH atau bekerja secara
online dapat dianggap sebagai bentuk pola kerja baru yang mampu meningkatkan
kualitas antar kerja dan kehidupan, karena lebih fleksibel, bisa menghemat
biaya bagi karyawan serta mendekatkan diri dengan keluarga. Namun, WFH tentunya
memiliki tantangan tersendiri, seperti kordinasi tidak selancar ketika tatap
muka langsung, kehilangan suasana kerja, tidak termotivasi dan cepat bosan,
ritme dan jam kerja yang tidak teratur, gangguan teknis serta permasalahan
administrasi.
Berdaptasi dengan bentuk
kenormalan kerja yang baru patut untuk dilakukan. Bagai pegawai yang melakukan
WFH dapat dimulai dengan meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi komunikas
agar dapat kordinasi secara online dengan lancar. Selanjutnya yang harus
dilakukan kita perlu menyiapkan bahan-bahan kordinasi lengkap dan mudah
diakses, mengatur alokasi tempat dan waktu, membuat strategi untuk lebih
termotivasi dan mengatasi kebosanan, tetap melakukan kontak dengan rekan kerja
dan mengikuti online meeting yang terjadwal dengan tepat waktu.
Terlepas dari pandemi Covid-19
yang hampir terjadi di seluruh dunia ini, Skema WFH bisa jadi solusi cara kerja
baru. Bahkan beberapa perusahaan sudah ada yang menerapkan skema ini jauh lebih
dulu sebelum adanya pandemi ini. Kordinasi pegawai secara tatap muka di kantor
hanya dilakukan berkala, selebihnya pegawai bekerja secara online di rumah
masing-masing.
The New Normal Working life, Selamat beradaptasi dengan cara kerja yang baru
Penulis : Elistiana